Monday, December 21, 2009

TBC Tanpa Gejala

Anak saya berumur 1,5 tahun menjalani test Mantoux dan hasilnya positif mengidap TBC serta diharuskan mengkonsumsi obat selama 6 bulan. Saya heran, selama ini anak saya tidak menunjukan gejala seperti demam di malam hari, tidak nafsu makan, atau batuk. Apakah benar hasil tes Mantoux positif berarti TBC? (Johanna)



Jawab:
Penyakit Tuberculosis (TBC) disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis dan penyakit yang ditularkan terutama melalui udara. Karena sistem kekebalan belum terbentuk secara sempurna, TBC pada anak tidak hanya bersarang pada paru-paru tetapi dapat menyebar ke paru-paru. Untuk lebih meyakinkan biasanya dilakukan tes rontgen paru-paru dan tes darah. Walaupun tak menunjukan keluhan seperti yang ibu sebutkan, anak ibu telah terinfeksi kuman TBC.

Makanan kesehatan CNI yang dianjurkan untuk dikonsumsi: CNI Sun Chlorella 2x2 tablet/hari dikombinasikan dengan Ester-C  Plus 1x 1/3 tablet/hari, Phyto Lite 1x 1/2 tablet/hari dan CNI Lyophilized Royal Jelly 1 tablet/hari. (dr. Eddy Santoso)

CNINEWS Januari 2003

No comments:

Post a Comment