Saturday, December 19, 2009

Bronchitis atau TBC?

Istri saya mempunyai benjolan di leher, dokter menduga itu merupakan gejala TBC. Hasil rontgen menyatakan ia menderita gejala bronchitis. Apakah gejala TBC bisa berupa benjolan di leher ataukah dimulai dari bronchitis? Makanan kesehatan apa yang perlu dikonsumsi istri saya?
(undang72@hotmail)



Jawab:
Benjolan di bagian leher disebut lunadenopati, yaitu pembengkakan/peradangan kelenjar getah bening yang terjadi sebagai reaksi adanya infeksi kronis pada kelenjar getah bening. Infeksi umumnya terjadi pada organ paru-paru dan bisa disebabkan oleh bronchitis chronis, kanker paru atau broncho pneumonia namun yang paling sering karena penyakit TBC paru. Bronchitis sangat berbeda dengan TBC paru-paru, namun tidak tertutup kemungkinan kedua penyakit itu diidap bersamaan. Yang mana dulu yang diderita, tergantung jenis virus yang menginfeksi lebih dahulu. Untuk ini diperlukan pemeriksaan medis yang intensif.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, makanan kesehatan yang dianjurkan yaitu: CNI Sun Chlorella 3x5 tablet/hari, Ester-C Plus 2 tablet/hari, ditambah Narish 2 tablet dan DMG 2 tablet/hari.

CNINEWS November 2002 

No comments:

Post a Comment