Tuesday, December 22, 2009

Bronchitis dan Kekurangan Sel Darah Putih

Sudah hampir setahun ini saya mengalami bronchitis, sehingga sering mengalami sesak nafas jika berjalan jauh. Saya juga sering mengalami perut kembung, sakit tulang, dan menurut pemeriksaan dokter mengalami kekurangan sel darah putih. Adakah makanan atau kegiatan fisik yang harus saya hindari dalam proses penyembuhan penyakit ini? Makanan kesehatan apa yang bisa membantu pemulihan kesehatan saya? (Elim, Cinanjung, Kec. Tanjung Sari, Sumedang)



Jawab:
Bronchitis merupakan infeksi atau radang pada saluran nafas di paru-paru dengan gejala antara lain batuk, sesak napas, dan cepat lelah. Lewat pemeriksaan laboratorium bisa juga ditemukan adanya leukopenia (berkurangnya sel darah putih) seperti yang Anda alami.

Untuk membantu mengurangi keluhan-keluhan tersebut, setiap hari  konsumsilah CNI Sun Chlorella 3x5 tablet, Ester-C Plus 3x1 tablet, Narish 2x1 tablet dan CNI Lyophilized Royal Jelly 1 tablet, serta 2 stick BioPlus. Jika sesak nafas, dapat ditambah dengan DMG 2x1 tablet/hari.

Perlu diingat bahwa makanan kesehatan merupakan makanan tambahan yang mengandung zat-zat gizi yang jika dikonsumsi secara rutin akan membantu proses penyembuhan. Tidak ada pantangan khusus dalam makanan, namun sebaiknya kurangi makanan yang mengandung gas, seperti kol, sawi, ubi, nangka, dan durian, hindari juga makanan manis dan gorengan yang bisa menyebabkan batuk. Olahraga teratur dan menghindari asap rokok juga membantu proses penyembuhan. (dr. Eddy Santoso)

CNINEWS Februari 2003

No comments:

Post a Comment